PEMETAAN PIKIRAN

Pemetaan Pikiran

Peta pikiran

adalah teknik pencatatan yang menyajikan informasi secara grafis dan sederhana. Peta pikiran membantu mengidentifikasi gagasan utama dan gagasan lain yang berkaitan sebagai cabang. Peta pikiran membantu membuat hubungan dan sajian antara gagasan utama. Peta pikiran dapat digunakan untuk merangkum informasi atau memikirkan masalah yang rumit/kompleks.

Proses:

  1. Tulislah gagasan/masalah pokok di tengah halaman kertas, gambarkan lingkaran di sekelilingnya.

  2. Untuk gagasan pada tingkat pertama, tarik garis dari lingkaran kea rah mana saja, dan tuliskan judul sepanjang garis tersebut. Buatlah dengan jelas dan sederhana.

  3. Untuk gagasan turunan dari gagasan pertama, tarik beberapa garis dari ujung garis pertama, dan beri label masing-masing.

  4. Untuk gagasan tunggal, tarik garis dari ujung garis yang cocok.

Sebuah peta pikiran yang besar mungkin memiliki gagasan pokok , kemudian menyebar ke berbagai arah gagasan-gagasan yang berkaitan, fakta dan masalah, laksana cabang dan ranting dari sebuah batang pohon. Saudara tak perlu khawatir dengan struktur yang dihasilkan, biarkan berkembang seadanya.

Gagasan berikut mungkin membantu mengefektifkan Peta Pikiran saudara:

  • Gunakan satu kata atau prase yang tajam untuk suatu informasi. Kata-kata yang panjang hanya akan membuat peta pikiran menjadi tidak jelas dan memerlukan waktu untuk menuliskannya.

  • Gunakan warna untuk memisahkan gagasan yang berbeda. Warna membantu visualisasi, mengingat kembali, dan memperlihatkan hubungan. Jika beberapa orang membuat peta pikiran gabungan, maka tiap orang akan menggunakan warna sendiri sehingga mudah untuk melanjutkan gagasan, memahami pikiran, dan melihat dimana gagasan satu berhubungan dengan gagasan lainnya

  • Gunakan panah untuk menunjukan sebab-akibat..

Penerapan

Peta pikiran merupakan salah satu bentuk cara mencatat yang luar biasa dan cara yang baik untuk merangkum suatu pembicaraan atau penyajian pikiran saudara. Peta pikiran dapat digunakan untuk membuat catatan dalam suatu pertemuan, konferensi, ceramah atau pelajaran. Sebagai alat, peta pikiran memetakan secara visual pembicaraan dan membangun pemahaman. Pemetaan pikiran merupakan proses yang baik dalam kerja kelompok dan dalam menata kegiatan urun gagasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: