ADMINISTRASI PENDIDIKAN

ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Pengertian administrasi atau manajemen banyak diungkap oleh para ahli administrasi pendidikan. Administrasi Pendidikan menurut Syarif (1976 :7) “segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber (personil maupun materiil) secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan. Menurut Syamsi (1985:10) “administrasi adalah seluruh kegiatan dalam setiap usaha kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih orang-orang secara bersama-sama dan simultan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”. Sedangkan menurut Soepardi (1988:7) “ administrasi adalah keseluruhan proses kegiatan-kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih oarang-orang secara bersama-sama dan simultan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Perlu juga diketahui berbicara mengenai manajemen tidak akan terlepas dari fungsi-fungsi manajemen itu sendiri. Fungsi dari manajemen banyak diungkapkan oleh para ahli, tetapi yang mudah diingat adalah fungsi-fungsi yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi (Fayol dalam Sahertian)

Berdasarkan uraian mengenai manajemen atau administrai dari beberapa ahli di atas, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa administrasi pendidikan adalah segala usaha bersama mulai dari perencanaan, pengorganisassian, pelaksanaan, dan pengevaluasian dalam hal mendayagunakan semua sumber daya yang ada secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan yang teelah ditetapkan yaitu tujuan pendidikan.

Administrasi pendidikan adalah “ segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber (personil maupun materiil) secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan” (Syarif, 1976:126)

Pengertian administrasi pendidikan menurut Sutisna (1979:2-3) adalah :

Administrasi pendidikan adalah keseluruhan (proses) yang membuat sumber-sumber personil dan materiil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan fungsifungsinya dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang. Proses ini meliputi perencanaan, organisasi, koordinasi, pengawasan, penyelenggaraan dan pelayanan dari segala sessuatu mengenai urusan sekolah yang langsung berhubungan dengan pendidikan seklah seperti kurikulum, guru, murid, metode-metode, alat-alat pelajaran, dan bimbingan. Juga soal-soal tentang tanah dan bangunan sekolah, perlengkapan, pembekalan, dan pembiayaan yang diperlukan penyelenggaraan pendidikan termasuk didalamnya.

Administasi pendidikan pada dasarnya merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan (Soepardi, 1988:24-25). Syarat dari administrasi pendidikan menurut Danien (1982:8), yaitu

  1. Adanya kerja sama sekelompok orang

  2. Adnya penataan atau pengaturan dalam kerja sama tersebut

  3. Adnya suatu tujuan tertentu yang akan dicapai melalui kerja sama tersebut.

Tiga syarat tersebut memang benar, dengan kita melihat kembali definisi administrasi yang dikemukakan oleh banyak ahli tersebut di atas. Sedangkan ciri-ciri dari administrasi pendidikan menurut Soepardi (1988:7) adalah:

  1. Adanya sekelompok orang-orang yang lebih dari satu orang.
  2. Kelompok-kelompok di atas merupakan korps yang bekerja sama.
  3. Kerja sama yang merka lakukan mengarah pada tujuan yang telah ditetapkan.kerja sama tersebut merupakan proses.

Dua pendapat tersebut sama benarnya, dan sama-sama ada tiga unsur dan satu unsur yang merupakan tambahan dari pendapat Soepardi yaitu adanya proses kerja sama sekelompok orang dalam penataan guna pencapaian tujuan yang telah disepakati bersama. Tujuan dari pendidikan adalah agar semua pekerjaan yang ada di dalamnya dapat berjalan denga baik dengan mempergunakan segala fasilitas yang ada di dalamnya seefektif dan seefisien mungkin guna pencapaian tujuan pendidikan. Hal ini di dukung dengan tujuan Administrasi Pendidikan yang di kemukakan oleh Syamsi, yaitu;

Tujuan Administrasi Pendidikan adalah agar segala pekerjaan atau kegiatan yang ada dalam suatu usaha kerja sama itu bisa berjalan dengan baik, lancar, teratur, mencapai tujuannya. Dengan kata lain, tujuan Administrasi Pendidikan adalah untuk mendayagunakan segala tenaga, fasilitas dan dana secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan (1985:10)

8 Komentar »

  1. saya lagi cari tugas mengenai “administrasi pendidikan sekolah dasar ” bantuin dong!. kalau ada langsung ke imel aq yoh!

  2. failasufa said

    tolong cari tugas mengenai masalah-masalh apa saja mengenai administrasi pendidikan

  3. KIRMANTO said

    SAYA SANGAT MEMBUTUHKAN DATA TENTANG ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEHUBUNGAN DENGAN TUGAS DI UNITKERJANYA YANG BERKECIMPUNG DALAM MENGADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEGAWAI

    SEMOGA TIDAK BOSAN UNTUK MENGKAJI TENTANG PENTINGNYA ADMINISTRASI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

    MATURNUWUN,

  4. ela said

    aku kurang paham dengan postingan nya

  5. Indra Gunawan said

    Thanks Yuah Atas Informasinya But Komentar Untuk Para Ahli Masih Kurang Banyak Dimuat.

  6. dyn said

    matur nuwun tapi masih kurang banyak informasinya

  7. wuri said

    saya ingin mempelajarai administrasi

  8. […] https://pernikmagazine.wordpress.com/2008/07/15/administrasi-pendidikan/ […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: